×

search by faronesia.com

Blog Design

Blogger tutorial by faronesia.com

Fullscreen mode
Normal mode

10 Tips Menjadi Redesign Template Blogger

Faronesia.com - Pernahkah anda mendengar Redesign? Atau modifikasi template blogger? Pastinya bagi kalangan para blogger sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Tetapi untuk yang belum tahu dan belum paham Redesign adalah suatu perencanaan untuk melakukan perubahan pada struktur dan fungsi, dengan kata lain Redesign merupakan perbaikan atau mendesain kembali sebuah karya dari desain yang sudah ada dengan tujuan menjadikan lebih baik lagi. Artinya, jika dalam dunia blogger adalah mendesain kembali sebuah template milik sendiri maupun milik orang lain dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari sebelumnya.

Di Indonesia sendiri sudah tidak bisa dihitung lagi para blogger yang meRedesign berbagai template. Kebanyakan dari mereka berasumsi bahwa dengan meRedesign template agar beda dari yang lain, ada pula yang berasumsi dengan meRedesign template agar memiliki fitu-fitur tertentu demi menunjang kelayakan suatu blog, bahkan ada pula yang berasumsi bahwa Redesign adalah suatu hobi sekaligus menambah wawasan dibidang coding, dan yang terakhir yaitu rasa ketidakpuasan dalam konteks yang menjerumus ke hal yang lebih baik.

Apakah Redesign template penting bagi seorang blogger? Dari pertanyaan ini akan menghasilkan dua kemungkinan jawaban yang berbeda. Jawaban pertama, TIDAK penting jika anda merasa tidak ada yang perlu diubah atau dimodifikasi. Jawaban kedua, PENTING jika anda menginginkan suatu perubahan pada blog yang anda miliki dengan merubah struktur, fungsi dan sebagainya dengan tujuan agar blog menjadi lebih baik lagi.

Redesign template menurut saya adalah suatu seni yang hanya dimiliki oleh seorang blogger dan pemilik website entah Redesign skala besar maupun kecil. Seorang redesign pastinya selalu mendapatkan ide-ide rancangan cemerlang untuk memodifikasi suatu template. Para Redesign cenderung memiliki sifat pekerja keras, bisa dilihat dari bukti jika seseorang tersebut tidak tahu maka ia akan mencari cara seperti googling, bertanya kepada mastah, mengintip source code blog orang lain dan lainnya.

Redesign template tidak hanya terpaku pada soal perubahan tampilan namun seperti yang telah disebutkan diawal tadi Redesign juga mencakup struktur dan fungsi suatu template. Rata-rata mereka para redesign menambahkan struktur baru dan membuang yang tidak perlu serta memasang fungsi-fungsi baru agar blog lebih responsiv dan user friendly.

Nah untuk menjadi seorang Redesigner template blogger, anda harus tau tips-tipsnya terlebih dahulu agar tidak menjadi seorang redesigner amatir seperti saya. Berikut beberapa tips menjadi redesigner yang harus diketahui oleh seorang blogger.

1. Membackup template

Banyak sekali para blogger yang lupa dengan tips satu ini, padahal hal ini sangatlah penting untuk berjaga-jaga jika nantinya mengalami kegagalan redesign yang mengakibatkan template tidak bisa digunakan kembali akibat salah menempatkan kode, menghapus kode atau kesalahan lainnya.

2. Membuat rancangan

Dalam tahap ini anda diharuskan memiliki sebuah planing atau gambaran kilas mengenai apa dan bagaimana yang harus dilakukan dan kita inginkan nantinya sebelum melakukan eksekusi suatu template blogger. Jangan dianggap sepele, terkadang beberapa blogger melakukan proses Redesign tanpa membuat rancangan terlebih dahulu yang mengakibatkan gagal ditengah jalan.

3. Memahami struktur kode template

Beberapa template pastinya memiliki struktur kode yang bervariasi, anda diharuskan memahami terlebih dahulu bagian struktur kode template yang anda miliki sebelum melakukan eksekusi template. Maraknya beberapa blogger yang sembarangan dalam melakukan proses Redesign. Alhasil, template menjadi berantakan bahkan rusak, yang lebih parahnya jika orang tersebut tidak tahu ataupun lupa mengembalikannya. Dalam kasus lain, jika anda menggunakan kode milik orang lain untuk kepentingan redesign anda perlu diperhatikan apakah jika memasang kode tersebut merusak struktur atau tidak.

4. Teliti dalam mengambil tindakan

Dalam kasus ini artinya saat melakukan Redesign suatu template haruslah dengan ketelitian karena jika terdapat kode, elemen, tag, dan tanda yang terhapus ataupun rusak maka akan ada bagian-bagian yang tidak berfungsi bahkan bisa jadi yang lebih parah seperti template error dan tidak bisa digunakan.

5. Mengasah dan mencari informasi

Hal ini sangatlah penting dikala anda mengalami kesulitan saat melakukkan eksekusi Redesign suatu template blogger. Ada banyak sekali jalan memberikan jalan informasi yang informatif seperti  anda bisa melakukannya melalui bertanya langsung kepada master/mastah/suhu, bertanya lewat forum, mencari referensi di berbagai website tutorial, ataupun mengintip source code orang lain.

6. Hindari Redesign yang bersifat melanggar

Dalam kasus ini ialah anda tidak diperkenankan memodifikasi dengan melanggar aturan-aturan baku dari platform blogger itu sendiri. Salah satu contoh kasus ini ialah seperti menambahkan popup login yang ternyata adalah sebuah phishing. Dari contoh tadi memang tidak berdampak besar dan berpengaruh terhadap template yang anda miliki jika anda sudah mencadangkan template tersebut, namun dampak yang sebenarnya adalah blog akan dihapus permanen oleh pihak google.

7. Komunikasikan hasil karya anda

Mintalah penilaian ke beberapa orang terlebih yang memiliki kedudukan sebagai user/pengguna setia blog yang anda miliki. Hal ini juga sangatlah penting mengingat tidak semua yang kita anggap bagus akan bagus pula di mata user. Maka dari itu, komunikasikan hasil karya anda dengan mereka karena user/pengguna adalah prioritas anda, kepuasan pengalaman mereka terhadap blog anda juga kepuasan anda. Kumpulkan beberapa masukkan dari mereka dan rangkum feedback dari mereka.

8. Desain Blog Mobile Friendly

Menurut survei perilaku penggunaan internet di Indonesia oleh APJII, ditemukan bahwa 44,16 persen masyarakat Indonesia mengakses internet hanya melalui perangkat mobile. Kemudian sebanyak 39,28 persen masyarakat mengakses internet melalui perangkat mobile dan desktop. Sedangkan yang mengakses hanya melalui desktop hanya sebesar 4,49 persen. Maka dari itu, mobile friendly sangat penting diterapkan bagi para Redesigner.

9. Konsisten terhadap tampilan blog

Hal terpenting selanjutnya adalah tentang konsistensi terhadap tampilan blog. Dalam konteks kali ini ialah masalah keselarasan tampilan seperti warna dan bentuk. Kita ambil 1 contoh yaitu warna, akan terasa aneh jika warna tidak selaras dengan bagian penting suatu blog. Hal ini juga menyebabkan pandangan user terganggu karena merasa tampilan yang tidak selaras bahkan terkesan berantakan.

10. Percaya diri terhadap hasil anda

Mulailah percaya diri terhadap hasil yang telah anda lakukan karena seberapapun tingkat hasil Redesign anda maka itulah nilai yang anda dapatkan. Membangun dan mengasah keterampilan redesign template secara terus-menerus agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Kesimpulan

MeRendesain blog memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan diperlukan ketelitian. Anda tidak mendesain blog hanya berdasarkan selera saja, tetapi juga berdasarkan pengalaman pembaca dan dari sisi SEO.Dengan membaca tips-tips di atas, diharapkan Anda bisa membuat desain terbaik untuk blog yang Anda kelola.

Demikianlah mengenai 10 Tips Redesign Template Blogger semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun anda berada. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa share karena dengan share artikel ini sama halnya anda berpartisipasi dalam mengembangkan website faronesia.
Buka komentar
Tutup komentar
  1. Sipp, thanks buat tips nya..
    mudah dimengerti reader👍

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat mas.. terima kasih.. sukses selalu blognya

    ReplyDelete
  3. Mantap tipsnya min. skalian doain biar sya juga jago redesign templte

    ReplyDelete
  4. Anonymous12:56 AM

    Mantap tips nya, ane juga suka redesign Template, cek my blog disitu ada banyak template redesign hasil ane

    Visit my blog anoytampan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihh mantul gan,,sudah saya lihat blognya hehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Donasi ke faronesia.com

Hallo sobat Faronesia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan kami gunakan untuk pengembangan dan memperpanjang domain Faronesia.

NAMA : Hazira Azza Faroni
BANK BRI : 6642-01-030178-53-6
PULSA TSL : 081229706872
PULSA TREE : 0895366135403
Selesai