11 Ide Bisnis Low Budget Untuk Mahasiswi

Faronesia.com - Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan, tidak terkecuali seorang mahasiswi. Salah satu caranya adalah dengan memulai sebuah bisnis. Mungkin banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul ketika ingin memulai suatu bisnis, apaklagi jika posisi sebagai seorang mahasiswi. Mulai dari pertanyaan bagaimana cara memulai sebuah bisnis? Berapa modal yang harus dikeluarkan? Bisnis apa yang cocok? Bagaimana cara mengatur waktunya?

Tidak sedikit dijumapai banyak para mahasiswi yang ragu untuk memulai suatu bisnis, alasan yang mendominasi dikarenakan masalah waktu dikarenakan dengan banyaknya kegiatan ataupun tugas kuliah serta deadline yang terus mengejar. Namun , jangan jadikan alasan tersebut untuk ragu memulai sebuah bisnis. Semakin cepat bisnis itu dimulai maka akan semakin cepat pula hasil yang akan dicapai.

Tidak perlu risau, jika masih bingung bisnis apa sih yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswi yang pastinya tidak mengganggu jam kuliahnya?
Berikut ide-ide bisnis yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswi :

1. Dropship/dropshipper
Menjadi drophipper sangat rekomended bagi seorang mahasiswi. Karena pekerjaan ini sangat fleksibel, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Menjadi dropshiper juga tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan dapat dikatakan tanpa modal. Karena mahasiswi hanya akan menjadi media yang menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Selain itu, sebagai dropshiper juga tidak perlu menyediakan stock barang. 

2. Reseller
Banyak yang mengira bahwa reseller dan dropshipper itu sama. Akan tetapi, sebenarnya berbeda. Jika dropshipper tanpa menyediakan stock,sedangkan reseller biasanya menyediakan stock terlebih dahulu. Dan pastinya membutuhkan modal terlebih dahulu  untuk menjalani bisnis ini. Bagi mahasiswi reseller sangat cocok dikarenakan mahasiswi hanya perlu menjualkan kembali produk dari produsen dengan harga beli yang lebih murah dari harga normal sehingga akan diperoleh keuntungan yang lumayan.

3. Menjual makanan ringan/ snack
Tidak dipungkiri bahwa makanan ringan/ snack digemari oleh banyak orang. Oleh karena itu, menjual makanan ringan sangat direkomendasikan bagi mahasiswi. Selain keuntungan yang diperoleh, penjualan makanan adalah bersifat kontinyu yaitu orang bisa membeli kembali dengan selang waktu yang tidak begitu lama. Makanan ini bisa ditawarkan pada saat di kampus/dikelas. Makanan ringan juga mempunyai harga yang cocok untuk kantong mahasiswi. 

4. Olshop Jilbab
Bagi beberapa mahasiswi fashion merupakan hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari sepatu, kaos bahkan hingga jilbab bagi perempuan. Maka dari itu, peluang usaha dengan menawarkan jilbab sangat besar. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak perlu besar. Apalagi saat ini, jilbab menjadi salah satu fashion yang sangat berkembang cepat mengenai model yang digunakan, lagi pula harga untuk sebuah jilbab masih cukup terjangkau untuk kalangan mahasiswi. Tak hanya dipasarkan untuk mahasiswi saja, jilbab juga bisa dipasarkan ke masyarakat bahkan hingga keluar kota melalui berbagai promosi yang dilakukan.

5. Jasa pembuatan buket wisuda
Wisuda, merupakan salah satu acara yang sangat sakral dan paling berkesan bagi setiap mahasiswi, tentunya moment ini harus terkenang dengan manis. Slah satunya dengan memberikan kenang-kenangan berupa buket. Ada beberapa macam buket yang popular saat ini, yaitu mulai dari buket rangkaian bunga, buket snack ataupun buket yang berisi jilbab. Bisnis ini hanya bermodalkan ketekunan dan kreatifitas dalam pembuatannya. Tidak perlu modal yang banyak, karena bahan-bahan yang digunakan dalam pembutaannya sangat sederhana.

6. Jasa gambar
Bagi kalian yang mempunyai bakat dalam bidang menggambar, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis jasa gambar. Biasanya dengan menggambar karikatur, sketsa wajah dsb. Juga tidak memerlukan modal yang besar, dikarenakan hanya bermodalkan alat tulis dan kreatifitas saja. Bisnis jasa menggambar ini sangat menjanjikan, dikarenakan mempunyai nilai jual yang tinggi untuk setiap gambarnya.

7. Les privat
Dengan mengadakan les privat termasuk pilihan bisnis yang memungkinkan Anda memiliki penghasilan yang cukup besar untuk ukuran mahasiswi. Ini lah yang membuat les privat menjadi pilihan bisnis untuk mahasiswi yang cukup menjanjikan karena tidak menguras dompet untuk modalnya. Setidaknya Anda bisa mengantongi Rp300.000 per anak. Semakin banyak anak ajar Anda, maka semakin besar yang Anda dapatkan.

8. Jasa event organizer
Jika anda seorang mahasiswi yang memiliki bakat/kemampuan merencanakan dan mengelola sebuah acara sebenarnya bisa dimanfaatkan membangun bisnis penyedia jasa event organizer. Anda bisa menawarkan jasa ini untuk beberapa acara sederhana terlebih dahulu seperti seminar, ulang tahun, acara kantor, dan sebagainya yang sekiranya bisa anda tangani.

9. Jasa tata rias
Memiliki keahlian mempercantik diri sendiri memang sangat dibutuhkan dan harus tertanam pada diri seorang mahasiswi. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Jika anda memiliki kemampuan ini jangan pernah ragu untuk mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan.

10. Menjual Ebook
Jika anda orang mahasiswi, mungkin anda bisa membuat semacam rangkuman pelajaran. Pada rangkuman pelajaran ini biasanya sangat berguna menjelang ujian. Nah, hal ini bisa anda bundel kemudian anda jual. Tentu saja bukan sotf copy dari dosen yang anda jual, melainkan hasil karya anda sendiri yang anda rangkum dari berbagai sumber.

11. Jasa Pengetikan
Ide bisnis selanjutnya adalah jasa pengetikan. Tidak semua mahasiswa punya laptop atau punya cukup uang untuk ke warnet tiap hari. Hal ini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang menggiurkan yaitu jasa pengetikan. Pengetikan yang bisa anda terima seperti pengetikan skripsi, pengetikan jurnal, makalah, laporan praktikum dan lain sebagainya. Disini anda hanya mengetik saja bukan yang mengerjakan skripsi atau makalah tersebut.

Itulah beberapa ide-ide bisnis yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswi tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak dan juga sangat fleksibel karena tidak terikat oleh waktu. Namun, perlu diingat bahwa kelancaran dan kesuksesan berbisnis tergantung dari niat dan usaha. Sukses Selalu dan selamat menjalankan bisnis.

Penulis: Siti Lailatul Qodriah
Instagram: @laailaatul_
Perevisi: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel