Cara mudah membuat subdomain di blogger

Faronesia.com - Hallo blogger, apa kabar? Semoga para pembaca selalu dalam keadaan baik. Nah pada pertemuan kali ini kita membahas tutorial seperti biasanya yaitu seputar blogging. Seperti yang telah disebutkan pada judul, kita akan membahas tutorial cara mudah membuat subdomain di blogger. Disini kita akan belajar pengenalan subdomain terlebih dahulu. Sebelum melanjutkan, apa sih subdomain itu? Subdomain adalah bagian atau turunan dari domain utama. Contohnya faronesia.com (kedudukannya domain utama) dan turunannya adalah masakanku.faronesia.com (kedudukannya sebagai subdomain). Apa keuntungan membuat subdomain? Berikut keuntungan menggunakan atau membuat subdomain:

1. Irit biaya
Menagapa disebut irit biaya? Karena membuat subdomain tidak perlu menggunakan uang jika sudah mempunyai domain utama. Dengan bermodalkan 1 domain saja, anda bisa membuat subdomain gratis sesuka anda.

2. Kredibilitas subdomain terangkat
Misalkan jika faronesia.com sudah dikenal dan terpercaya dimata para pembacanya yang setia, maka subdomain masakanku.faronesia.com ikut terdongkrak dan terkesan terpercaya pula.

3. Penghasilan adsense bertambah
Jika blog domain utama sudah memiliki adsense dan anda membuat subdomain, anda sudah tidak perlu addsite di google adsense lagi karena subdomain tersebut turunan dari domain induk. Jadi, anda hanya perlu memasang kode iklan adsnese dari domain induk saja ke subdomain yang sudah anda buat dan iklan langsung tayang di subdomain tersebut.

Sudah paham belum sampai sini? Jika sudah, mari kita lanjut ke tahap tutorial cara mudah membuat subdomain di blogger. Simak tutorial berikut agar tidak menimbulkan kesalahan.

Dapatkan CNAME
  • Masuk ke dashboard blog anda
  • Lalu klik pengaturan/setting>dasar
  • Selanjutnya klik teks yang bertuliskan + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda
  • Maka akan muncul pesan kesalahan. Jangan panik, hal itu memang normal karena CNAME yang kita cari akan didapatkan di sini. Catat kedua record tersebut

NOTE: Jangan tutup halaman ini karena akan digunakan lagi.
mengatur DNS
  • Silahkan kunjungi website tempat anda membeli domain dan buka menu Control Panel atau DNS Management.
  • Setelah anda login di website tempat anda membeli domain silahkan masuk ke control panel
NOTE: Tampilan setiap website berbeda-beda, namun sebenarnya semuanya sama hanya peletakan menu kontrol DNS yang berbeda. Jika anda kesulitan menemukan menu control DNS silahkan minta bantuan pada Customer Service website terkait
  • Nah, disana sudah ada beberapa record lain yang merupakan milik domain utama. Tugas anda adalah menambahkan dua buah CNAME record yang tadi didapatkan.
  • Jika anda biasanya diisi dengan "www" maka kali ini diisi dengan nama subdomain yang diinginkan. Seperti contoh ini adalah masakanku.
NOTE: anda hanya menambahkan 2 CNAME record yang didapat dari blog sebelumnya.
Pasang subdomain dibloger
  • Jika sudah selesai pemasangannya, silahkan kembali ke pengaturan blog tadi.
  • Lalu klik tombol simpan
  • Selesai
  • Jangan klik centang pengalihan www
Untuk melihat live demonya klik tombol dibawah ini

NOTE: jika gagal dalam menyimpan, jangan khawatir, silahkan tunggu sekitar 15 menit (paling lama). Kegagalan dalam menyimpan diakibatkan pengalihan DNS sedang diproses.
Demikianlah mengenai Cara mudah membuat subdomain di blogger semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun anda berada. jangan lupa share dan jika ingin tanggapan serta masukan silahkan di kolom komentar yang telah tersedia dibawah postingan ini.

Iklan Atas Artikel

grup blogger indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel