Panduan SEO #3 Optimasi gambar postingan

Menambahkan gambar pada postingan artikel yang kita buat sangatlah penting karena selain membuat memperindah tampilan konten juga dapat membuat nyaman pengunjung blog. Jika dalam tidak ada satupun dalam postingan maka pengunjung akan merasa cepat bosan dan lelah terutama mata pengunjung karena hanya melihat tulisan saja.

Menambahkan gambar pada postingan artikel juga ada optimasinya tidak serta merta upload loh. Gambar yang tidak teroptimasi dengan gambar yang di optimasi pastinya akan memiliki perbedaan nantinya. Gambar yang di optimasi akan cenderung muncul di google image dan pastinya akan berpengaruh meningkatkan jumlah pengunjung sedangkan gambar yang tidak dioptimalkan akan berdampak negatif bagi blog.

Untuk itu mulailah mengoptimasi gambar dengan melakukan metode berikut:

Menjaga copy right
Nah menjaga copyright atau hak cipta sangatlah penting dilakukan. Jika kamu ingin menyisipkan gambar pada artikel yang kamu buat usahakan gambar buatan sendiri. Selain menjaga copyright juga blogmu akan terlihat profesional.
Jika kamu menggunakan gambar milik orang lain maka yang paling ditakutkan adalah blog yang kamu miliki akan dihapus sepihak oleh pihak blogger bahkan dapat tindak pidana tentang hak cipta.

Ukuran gambar
Idealnya ukuran gambar untuk SEO friendly umumnya adalah 30kb sampai 100kb lebih dari itu loading blog akan terasa berat dan membuat pengunjung beralih ke blog lain.
Beralih ke contoh kasus: misalkan kamu telah membuat gambar tetapi ukuranya sangat besar sedangkan kamu ingin menjalankan teknik SEO yang kita bahas sekarang ini. Lalu bagaimana caranya?? Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengkompresnya. Kompres gambar bisa kamu lakukan dengan aplikasi/software maupun software online yang tersebar di internet.

Nama file gambar
Dalam teknik SEO, mengubah nama file gambar dengan kata kunci judul postingan akan lebih teroptimasi dibandingkan nama file gambar yang tidak jelas namanya.
Contoh:
Optimasi-gambar-postingan.png
Optimasi-gambar-postingan.jpg


Title & alt text
Mengatur title text dan alt text juga pada gambar juga harus disesuaikan dengan kata kunci postingan. Hal ini akan memberikan sinyal kepada robot perayap untuk memperlihatkan bahwa artikel yang kamu buat sangat relevan dan SEO friendly.

Semoga panduan SEO diatas dapat lebih membangun dan meningkatkan wawasan terlebih dibidang blogging. Jangan lupa share jika bermanfaat dan komen dibawah jika ada kekurangan maupun kesalahan.
Show comments
Hide comments

1 Response to "Panduan SEO #3 Optimasi gambar postingan"

  1. Infonya mantap patut dicoba,
    BW balik ya gan
    www,cfdpahlawanmadiun,com
    Terima kasih informasinya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel